Torpark, Browser Anonim dari USB Drive

0
272

Dengan menggunakan browser teranyar ini, alamat situs web bisa berubah setiap beberapa menit, untuk membuat frustrasi pihak penyadap.

Paket Torpark versi 1.5.0.2 tersedia secara gratis untuk diunduh dari situs web http://torpark.nfshost.com/. Besar file-nya 5,6 megabita (format Windows self-extracting archive).

Torpark tak bisa disalin ke cakram padat karena harus ditulis ke sebuah direktori lokal di komputer. Torpark mengandung folder yang berisi Firefox 1.5, instalasi TOR pre-configured, dan file program TorPark.exe.

Browser Torpark diciptakan oleh Steve Topletz. Torpark sebenarnya adalah versi modifikasi browser Mozilla Firefox Portable Edition ciptaan John T. Haller, yang bisa dijalankan secara langsung dari batang memori flash (USB flash drive). Torpark juga mengandung program The Onion Router (TOR) yang memungkinkan para penggunanya berkomunikasi secara anonim di Internet.

Begitu Torpark dijalankan, ia akan menciptakan sebuah koneksi yang tersandi ke jaringan TOR. Misalnya, seorang narapidana berinternet dari balik jeruji sel di lembaga pemasyarakatan Kerobokan, Bali. Tapi di situs web yang dia tuju, identitasnya terlihat sebagai pengguna dari sebuah universitas di Jerman atau negara lainnya yang masuk jaringan TOR.

Untuk membuktikannya, Anda bisa menggunakan situs web WhatIsMyIP.com. Bila Anda membuka situs web itu dengan browser tradisional Anda, akan muncul alamat Internet Anda yang sebenarnya. Tapi, jika memakai Torpark, akan muncul alamat Internet yang berbeda dari aslinya.

Selama pengguna menjelajahi situs web tersebut, TOR memasok alamat Internet yang berubah-ubah setiap beberapa menit. “Ini akan membuat frustrasi pihak yang menyadap dan menyamarkan sumber yang meminta,” ujar Oxblood Ruffin, pendiri Hacktivismo.

Namun, Hacktivismo menegaskan pengguna harus paham anonimitas ada batasnya. “Identitas koneksi bisa disamarkan, tapi data yang lalu-lalang antara jaringan TOR dan situs web tidak bisa dienkripsi.”

Menurut pembuatnya, Torpark berbeda dengan program penyamar alamat IP semisal Anonymizer, SafeSharing, InvisibleIP, dan SecretSurfer. Selain tak perlu membayar atau berlangganan, Torpark tak perlu diinstal ke hard disk sehingga tidak meninggalkan jejak. Koran Tempo, 26/9/2006.

NO COMMENTS

Leave a Reply